Cara Mengatasi Disk 100% di Windows 10

Hai sobat infoawak.com, pada kesempatan kali ini Awak akan berbagi tips dan trik untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada Windows 10 kalian. Mungkin sobat sering merasakan Sistem operasi Windows 10 kalian terasa berat, nyangkut-nyangkut ataupun lag. Awak juga merasakan begitu, malah ada rencana pengen downgrade ke Windows 7 lagi.

 Well, apa sih penyebab hal-hal itu terjadi di Windows 10 yang kita pakai?

Jawabannya adalah Penggunaan Disk yang terlalu tinggi oleh Sistem, Antivirus ataupun Program lainnya yang mengakibatkan penggunaan Disk mencapai 100%.

Jadi gimana cara mengatasi Disk 100% di Windows 10 tersebut. 

Ada beberapa cara untuk mengatasinya yaitu

1. Mematikan Windows Search

Ketika kamu melakukan pencarian menggunakan Windows Search, maka kamu akan mendapatkan file ataupun program aplikasi yang kamu cari dengan cepat. Nah penyebab kenapa bisa cepat ini lah yang membuat Windows 10 milik kita melambat, hal itu disebabkan oleh Service  yang berjalan di background dan membuat indexing pada file-file, agar saat kita melakukan pencarian maka kita akan mendapatkan hasil lebih cepat.

Mematikan service pada Windows Search sendiri dapat menyebabkan pencarian kita akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya, tapi ini lebih baik dari pada kita harus terganggu saat menggunakan Windows 10 untuk bekerja.
Untuk mematikan service-nya kalian bisa menekan tombol Windows dan X di keyboard secara bersamaan, kemudian pilih Command Prompt (Admin).



Selanjutnya ketikkan pada Command Prompt yang terbuka tersebut

net.exe stop "Windows search"

Kemudian tekan Enter di keyboard kalian.


2. Menonaktifkan SuperFetch

SuperFetch sendiri berguna untuk mengurasi waktu booting dan membuat program aplikasi di Windows 10 ter-load secara efesien. SuperFetch ini adalah penyebab utama bagi Awak saat melakukan pekerjaan, dia memakan disk terlalu banyak dan apabila Awak sudah menonaktifkan SuperFetch maka Windows 10 akan terasa lebih ringan.

Nah bagaimana cara menonaktifkan SuperFetch tersebut. Masih sama seperti cara diatas, pertama-tama buka dulu Command Prompt (Admin). Kemudian ketikkan pada Command Prompt

net.exe stop superfetch

Kemudian tekan Enter di keyboard kalian.

3. Menonaktifkan Antivirus

Antivirus juga salah satu penyebab Disk di Windows 10 mengalami kepenuhan karena dia akan melakukan Scanning pada Windows 10 kita setiap saat, nah kalau kalian merasa saat kerja merasakan Windows 10 kalian lambat walaupun sudah mengikuti cara diatas, bisa mencoba menonaktifkan Antivirus juga, namun pastikan kalian tidak mengakses dan mendownload data dari internet yang bisa saja sudah terinfeksi oleh Malware, apa lagi jangan sampai memasukkan Flashdisk ke Windows 10 milik kalian dalam keadaan Antivirus sedang nonaktif.

Untuk menonaktifkannya tiap Antivirus punya caranya masing-masing, tapi Awak tidak akan menjelaskan nya secara detail.

4. Jangan terlalu banyak membuat Tab di Google Chrome

Terlalu banyak membuka Tab di Chrome dapat membuat memory akan cepat penuh, jadi sebaiknya bukalah Tab yang kalian perlukan saja ya.

5. Power Options pada Laptop

Nah ini khusus pengguna Laptop, kalian bisa membuat Laptop kalian terasa lebih cepat dan ringan dengan memilih opsi pada Power Option dan mengubahnya menjadi High performance. Itu sangat ampuh untuk Laptop yang merasakan Windows-nya lambat.


Sekian dulu postingan kali ini, Klik Share bila menurut sobat Postingan ini menarik dan Berikan komentar sobat bila masih belum paham ya. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung :)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Mengatasi Disk 100% di Windows 10"

Post a Comment